Tiga Sastrawan Terima Anugerah Hadiah Sastra Yogya

Bambang Unjianto
http://suaramerdeka.com/

Yayasan Sastra Yogya (Yasayo) memberikan penganugerahan Hadiah Sastra Yogya kepada dua pakar sastra dan seorang sastrawan. Mereka adalah Prof Dr C Bakdi Soemanto sebagai pakar sastra, Dra Sri Widati peneliti sastra Indonesia dan Jawa serta seorang sastrawan kreatif Evi Widati. Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah berlangsung di auditorium Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Pendiri Yasayo, Prof Dr Rachmat Djoko Pradopo mengatakan, penganugerahan Hadiah Sastra Yogya akan digelar dua kali setiap tahun. Penghargaan itu diberikan secara bergiliran kepada insan-insan sastrawan, pakar, peneliti dan para esais sastra Indonesia dan Jawa yang memenuhi syarat, serta berdomisili di Yogyakarta. "Hadiah ini diberikan untuk mendorong serta mengembangkan sastra di Yogyakarta, dan akan diterimakan dua tahun sekali, setiap bulan April dan November," ungkapnya.

Sebagai yayasan yang berdiri tanggal 1 Maret 2011, Yasayo berharap mampu mendorong berbagai aktivitas sastra, terutama sastra Indonesia maupun sastra Jawa di Yogyakarta. Di samping bedah sastra, Yasayo berencana mengadakan diskusi dan membantu penerbitan berbagai karya sastra, baik karya sastra kraetif, ilmiah maupun esai sastra Indonesia dan Jawa.

Dr Aprinus Salam MHum yang turut andil mendirikan Yayasan itu menjelaskan, penganugerahan hadiah sastra yang perdana tersebut tidaklah berdasar pada penilaian melainkan kepantasan. Prof Dr C Bakdi Soemanto dipilih karena kepakaran, dan telah menerbitkan berbagai buku ilmu sastra. Sebagai sastrawan kraetif, Diapun telah menerbitkan beberapa buku di antaranya antologi puisi, antologi cerita pendek dan kumpulan cerita rakyat Yogyakarta.

"Karenanya penghargaan kepada mantan Ketua Dewan Kesenian Yogyakarta ini, bukan dalam bidang penelitian dan penulisan sastra kreatif, melainkan karena kepakaran ilmu sastra," paparnya.

Sementara Dra Sri Widati, dalam penilaian Aprinus adalah seorang peneliti senior sastra Jawa dan Indonesia. Bahkan Dia pernah menerima Hadiah Rancage oleh Yayasan Rancage yang dipimpin Dr (hon) Ajip Rosjidi, dan berkali-kali memimpin Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta. "Lebih-lebih di bulan Agustus 2011 nanti akan menjalani masa pensiun, karenanya senioritas kepakaran sastra Sri Widati perlu mendapat penghargaan," tambahnya.

Sedangkan Evi Idawati adalah seorang penggiat bidang budaya dan sastra. Dia menulis sastra dan beberapa telah dibukukan, di antaranya antologi puisi, novel dan kumpulan cerpen. Bahkan menulis karya-karya drama sekaligus main sebagai dramawan. "Evi adalah pemain drama yang andal, Dia giat dalam bidang kesenian lebih-lebih seni sastra kreatif," tuturnya.

Selain piagam, masing-masing penerima anugerah mendapat uang tiga juta rupiah. Penganugerahan pun dimeriahkan pembacaan sajak dan puisi karya Chairil Anwar dan Rachmat Djoko Pradopo oleh mahasiswa FIB UGM. Juga pembacaan cerpen karya Bakdi Soemanto dan ditutup aksi pembacaan sajak oleh Evi Idawati.

23 April 2011

Komentar